HomeOpiniKak Tiarno “Si Raja” Ikan Hias Pamotan
netizen rembang, pamotan, ikan hias rembang, kak tiarno

Kak Tiarno “Si Raja” Ikan Hias Pamotan

Opini 0 3 likes 609 views share

NetizenRembang.com – Mungkin jika anda adalah orang pamotan dan mendengar nama “Kak Tiarno” pasti dipikiran anda adalah terkait ikan hias. Bahkan ketika penulis berusaha menanyakan ini kepada salah satu warga pamotan, “ngertos Kak Tiarno pak?”, iya menjawab “Tiarno bakul iwak maksude mas?”. Nah itu menunjukan bahwa memang nama “Kak Tiarno” sudah sangat melegenda di masyarakat Pamotan dan sekitarnya. Namun sebagai catatan bahwa Kak Tiarno ini bukanlah saudara dari Kak Seto meski memiliki julukan “kak”. 😀

Mengawali karir sebagai penjual ikan hias di Pamotan pada tahun 1990, pria kelahiran Solo ini memiliki segudang pengalaman yang luar biasa. Awalnya beliau hanya iseng saja memelihara ikan hias seperti cupang/siem, koki, koi, sampai ikan pembersih kaca dirumahnya. Tetapi ada beberapa anak kecil yang selalu datang kerumahnya dan berusaha membeli ikannya tersebut. Darisanalah ia mulai berniat untuk membisniskannya.

Tahun 2000an merupakan titik dimana nama “Kak Tiarno” benar-benar booming ala Bowo TikTok. Jika Bowo memamerkan tingkah lucunya di aplikasi TikTok, maka Kak Tiarno cukup dengan ikan cupangnya mampu menyihir ribuan anak-anak di Pamotan. HEHE. 😀 😀

Tahun tersebut merupakan tahun ikan cupang, dimana sampai ratusan anak-anak dari Madrasah Manbaul Huda, Fatimiyah, Samaran, Jumput, datang kerumahnya setiap hari. Yaaa namanya anak-anak, ada yang sekedar ubek-ubek kolam, liat-liat, sampai yang beli beneran.

Karena koleksi ikannya yang bermacam-macam seperti arwana (asal usul Tukul Arwana), lohan, emas, cupang/siem, ikan balon, bahkan kura-kura. Hingga saat ini beberapa penjual ikan eceran di Pamotan dan Rembang mengambil stok darinya.

Kenapa harga ikannya sangat murah? ia mengatakan karena memang langsung mengambil bibit dari peternak di Surabaya dan Kediri. Sehingga tidak melalui banyak tangan dan sangat terjangkau oleh anak-anak.

Kak Tiarno juga memiliki pembawaan yang sangat ramah terhadap anak-anak. Bahkan penulis sering mendengar Kak Tiarno memberi tips kepada anak-anak agar ikannya tak mati, warnanya makin bagus, sampai diskusi seputar cara ikan berkembang biak.

Kak Tiarno sedang memberi tips kepada para pembeli

Jika Mbah Jamil adalah raja barongan dan Mbah Bari adalah raja layangan, maka Kak Tiarno ini kami nobatkan sebagai Raja Ikan Hias Pamotan. Mantap!

Jika anda tertarik untuk menghiasi rumah anda dengan aneka ikan hias? Silahkan langsung datang kerumah Kak Tiarno (Kampung Karangtengah Pamotan). Di google map belum ada, tapi coba anda tanya orang dijalan pasti mengetahuinya. hehe

Aneka ikan hias, aquarium, hiasan air, sampai ayam bangkokpun ia jual. Sukses buat Kak Tiarno, masa kecil kami berwarna karenamu. 🙂

Catatan : Penulis dulu termasuk anak yang beli ikan cuma 1 tapi ubek-ubek kolamnya sampai 2 jam.

Bagikan Kepada Teman Anda ! 🙂 😀 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *